Thursday, September 13, 2012

Memahami pola dasar Elliot Wave


dari Mas Boy neh...siapa tau bermanfaat


memahami pola dasar Elliot Wave

Pola Elliott Wave adalah struktur yang mendefinisikan bagaimana saham/indeks berperilaku. Semua saham cenderung bergerak dalam struktur gelombang dasar, yang terdiri dari fase motif (Motive Phase) dan fase korektif (Corrective Phase).

Pertama, lihat grafik berikut untuk mendapatkan gambaran seperti apa pola ini...



Fase-fase
Fase Motif dari sebuah siklus Elliot Wave terdiri dari 5 Wave (gelombang). Anda dapat melihat Wave yang diberi label pada grafik di atas bernomor 1 sampai 5. Pikirkan fase motif sebagai tampilan rinci dari sebuah uptrend.

Fase korektif diberi label pada grafik di atas sebagai wave A, B dan C. Ini adalah fase yang "mengoreksi" sebuah uptrend. Banyak yang tidak benar-benar peduli dengan fase korektif ini, tetapi seharusnya kita mempelajari siklus dasar secara menyeluruh.


Wave Satu.
Wave ini mematahkan downtrend sebelumnya dan memulai uptrend baru. Ini menandai awal dari sebuah trend. Biasanya, kita ingin menyaksikan sebuah pullback ketika wave ini telah mulai.


Wave Dua.
Si pullback. Sekarang kita ingin mulai mencari entry level menggunakan pola candlestick.Kita selalu berharap dapat ikut dalam gerbong awal dari sebuah trend naik. 

Wave Tiga
Wave tiga dari sebuah siklus Elliott Wave, adalah wave terpanjang dan terkuat dari kelima wave di fase motif. Itulah sebabnya kenapa kita ingin ikut gerbong (mengambil posisi beli) sewaktu di wave dua (pullback), segera setelah wave tiga mulai teridentifikasi.

Bila kita bisa mengidentifikasi saham yang memulai wave tiga, agar profit maksimal, seharusnya kita berpegang pada posisi untuk jangka waktu yang lebih lama (hold). Jangan perlakukan seperti ketika sedang berada pada posisi swing trading. Seharusnya, memperlakukannya seakan-akan sedang mengendarai sebuah trend (ride the trend).
Kita ingin ikut di wave paling kuat ini sampai selesai! Kenapa? Karena kita akan membuat profit yang paling besar dalam rentang yang relatif singkat. You gotta love that!


Wave Empat
Wave ini cukup mengecewakan bagi mereka yang terlambat membeli saham. Saham bergerak jauh lebih lambat dan merupakan sinyal bahwa bagian terbaik dari trend (wave 3) sudah berakhir.

Wave Lima
Sekali lagi, wave ini biasanya berjalan lamban dan tidak sedinamis bagai wave tiga dari siklus Elliott Wave. Ini juga menandai ledakan terakhir pembelian sebelum downtrend dimulai (distribusi).

Wave A, B, dan C
Wave ini adalah permulaan dari sebuah downtrend. Biasanya kita akan melihat bahwa wave A terlihat seperti hanya sebuahpullback biasa. Nope, ini adalah sebuah bulltrap. 
kita juga akan melihat bahwa wave B tidak bisa lebih tinggi dari wave 5 (lower high). 



Ini adalah struktur dasar dari sebuah pola Elliott Wave. Ada banyak teori tentang Elliott Wave, tetapi beberapa dari itu merupakan theory yang sangat rumit. 
Juga, kadang-kadang bisa sangat sulit untuk mengidentifikasi dengan tepat, sebuah saham/indeks sedang berada dalam  siklus mana.

Regards,
Boy YR

2 comments:

  1. kawan lama om Boy YR. apa khabar ?

    ReplyDelete
  2. trading dengan memanfaatkan wave ini cukup terkensal dan banyak dimanfaatkan oleh trader selain juga dengan menggunakan candlestick, dalam trading di octafx sendiri untuk bisa mendukung analisa dengan cara ini maka ditambahkan lagi beberapa indikator pendukung yang bisa mudah dalam membacanya

    ReplyDelete