Friday, March 9, 2012

Sekilas tentang VWAP

Bagi yang belum tahu mengenai apa itu VWAP, berikut sedikit ulasan mengenai VWAP, bagi yang sudah tahu mengenai VWAP, mohon review dan diskusinya.

VWAP merupakan singkatan dari Volume Weighted Average Price, bisa diartikan sebagai harga rata rata tertimbang berdasarkan hitungan volume kejadian pada masing-masing harga. Sebagian yang lain mengartikan bahwa VWAP itu berarti harga modal rata rata trader pada hari tersebut.

Karena VWAP diasumsikan sebagai harga modal rata rata trader pada hari tersebut, maka VWAP seringkali dijadikan sebagai salah satu indikator untuk menentukan apakah harga saham sudah layak beli untuk di trading kan atau belum. VWAP dijadikan titik acuan mengenai wajar atau tidaknya kenaikan / penurunan harga sebuah saham, ketika harga turun jauh di bawah harga VWAP nya, maka di anggap penurunan tersebut sudah tidak wajar dan trader menganggap harga sudah cukup layak di beli, dengan target jual biasanya di harga VWAP nya atau dibawah VWAPnya. Begitu juga ketika harga bergerak naik jauh di atas VWAP nya, ketika melihat hal tersebut umumnya trader akan menganggap kenaikan hari itu sudah tidak wajar, dan ketika mereka berniat beli saham tersebut, mereka tidak akan langsung hajar kanan pada saat kenaikan, tetapi akan antri beli di harga VWAP atau beberapa point di atasnya. Memang, ada kalanya, kenaikan / penurunan saham yang sangat jauh dari VWAP nya tidak selalu di ikuti harga akan kembali mendekati harga VWAP nya, tetapi dalam banyak kasus, penurunan / kenaikan saham di bawah / di atas harga VWAP nya akan kembali mendekati harga VWAP nya, apalagi jika kejadian tersebut terjadi pada saat market turun karena sentimen negatif, kemungkinan harga kembali mendekati VWAP nya menjadi lebih besar.
Contoh : saat ini VWAP MASA adalah 619, seandainya sesi 2 nanti MASA tiba tiba turun hingga ke 580 atau bahkan 560 dan VWAP nya turun dari 619 ke 590 misalnya, maka bisa kita asumsikan penurunan kurang wajar sehingga kita bisa langsung beli di harga 560, dengan target jual langsung di 590.
Yang perlu di perhatikan adalah semakin cepat penurunan harga dibanding harga VWAP nya maka potensi harga kembali ke harga VWAP nya semakin besar, tetapi kalo penurunannya pelan, ini yang perlu di waspadai.

Fungsi VWAP yang lain juga bisa dijadikan sebagai support / resistance, seperti halnya kita menggunakan garis moving average sebagai support / resistance. Jadi harga VWAP harian akan dikonversi menjadi indikator garis pada chart yang digunakan, cara penggunaannya sama persis seperti halnya kita menggunakan garis moving average.

Gimana cari tahu harga VWAP ?? Bagi yang memakai Online Trading harga VWAP sudah di hitung secara otomatis oleh system dan langsung ditampilkan di order book OLT kita..
Demikian sekilas mengenai VWAP...Semoga bermanfaat.
Happy Trading

8 comments:

  1. Pak Koko, kalo vwap nya ingin dipakai di metastock, ada formulanya ? Bisa di share disini ?
    Trims.

    ReplyDelete
  2. Koko, pernah hitung sendiri (AB)? Kalau pernah apakah kualitasnya sama dengan OLT atau lebih bagus?

    ReplyDelete
  3. - Formula utk metastock maupun amibroker bisa search lewat google pak..

    - ga pernah hitung sendiri, menurut saya ga terlalu urgent untuk hitung sendiri, sudah cukup memakai yang sudah disediakan OLT

    ReplyDelete
  4. Koko .... kalo di eTrading dimana liat nya VWAP nya :)

    ReplyDelete
  5. iya pak klo dietrading dimana ya lihatnya? thx..

    ReplyDelete
  6. di e trading di menu 0011 nah disana kan ada Avg, AVG itu yah VWAP nya

    ReplyDelete
  7. gampangnya, kalo gak salah VWAP = Tot. Value/Tot. Vol (lembar)

    ReplyDelete
  8. mksi,,, ini sngt membntu sekli,,, :)

    ReplyDelete