Thursday, July 19, 2012

Tentang Saham Bonus


Tulisan berikut adalah tulisan @ariasantoso mengenai saham bonus. Sangat bagus untuk menambah wawasan kita mengenai seluk beluk pasar modal. Selamat membaca.

===============================================================

Ada seorang trader yang menghubungi saya via twitter @AriaSantoso karena beliau kaget melihat harga sahamnya jeblok mendadak. Ternyata perusahaan ini membagikan saham bonus. Dengan kebingungan beliau bertanya kenapa kok katanya dapat saham bonus tapi jumlah sahamnya masih tetap tapi malah harganya jeblok.

Ada beberapa hal yang perlu dipahami oleh seorang trader dalam menghadapi situasi seperti ini sehingga dapat menentukan apa tindakan selanjutnya. Saham bonus adalah saham yang diberikan gratis oleh perusahaan. Dalam contoh kasus ini adalah GPRA, saham bonus tersebut diambil dari kapitalisasi agio saham. Pemegang saham GPRA akan mendapatkan 1 lembar bonus saham dari setiap 3 lembar saham yang dimilikinya. Jadi sederhananya, setiap 3 lot saham akan dapat 1 lot bonus.

Teman kita ini memiliki harga rata-rata 218. Artinya, sebagai contoh perhitungan jika kita asumsikan beliau punya 300 lot, maka akan mendapatkan saham bonus sebesar 100 lot. Sampai kemarin, pemikiran secara orang awam adalah dari nilai saham sebesar 218 x 300 x 500 = 32,7 juta akan mendapatkan bonus sebesar 218 x 100 x 500 = 19,9 juta. Kejutan yang menyenangkan sekali. Lalu apa yang terjadi... Hari ini kejutan tetap datang tapi ternyata tidak seindah yang dibayangkan sebelumnya. Harga saham jatuh menjadi 172. Jumlah saham dalam porto tetap 300 lot. Jadi nilainya merosot sehingga sekarang hanya 172 x 300 x 500 = 25,8 juta alias tinggal 78 persen saja dari nilai semula.

Mana bonusnya? Kok bukan untung malah buntung? Nah pengalaman ini membawa beliau kepada keberuntungan trader pemula karena jika tidak ada peristiwa ini, beliau tidak akan naik level menjadi kelompok educated traders. Ternyata saham bonus akan didapatkan nanti setelah jatuh tempo tanggal distribusi saham yaitu pada tanggal 6 Agustus. Jadi nanti beliau akan mendapatkan saham gratis sebanyak 100 lot. Nilainya berapa? Ya akan tergantung berapa harga market pada saat itu. Kita tidak bisa melakukan kontrol terhadap saham bonus itu saat ini. Dalam kondisi ini, terjadi dilusi karena jumlah saham beredar menjadi lebih banyak. Bonus saham itu 1 saham dari setiap 3 saham artinya di pasar akan ada 4 saham (1 yang baru dan 3 yang lama). Harga pun terpengaruh menjadi seolah-olah split 4:3. Jadi saat ini bisa diasumsikan nilai saham teman kita setelah dapat bonusnya jika harga tetap di 172 adalah 4/3 x (172 x 300 x 500) = 34,4 juta. Nah sekarang beliau bisa tersenyum karena dari nilai 32,7 juta setelah saham bonus menjadi 34,4 juta.

Nilai ini adalah nilai mengambang di pasar karena belum direalisasikan. Tapi dengan pemahaman ini, beliau bisa mengambil keputusan untuk mengukur risiko apakah akan dicairkan sebagian, dicairkan seluruhnya atau akan disimpan dulu. Sesuaikan grafik anda untuk pemahaman yang lebih baik dan pengukuran risiko yang lebih akurat.

Semoga semakin memahami arti saham bonus, semakin mengerti investasi anda, semakin menikmati hidup anda...

Penulis: @AriaSantoso

8 comments:

  1. Like this. Thanks for sharing

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. kita juga punya nih jurnal mengenai Saham silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/6011/1/Dokumen%20Presentasi.pdf

    ReplyDelete
  4. kita juga punya nih jurnal mengenai Saham silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/6011/1/Dokumen%20Presentasi.pdf

    ReplyDelete
  5. at any rate, to make a farseeing story little, afterward my married woman told me
    the anti-biotics I got some the nozzle and oral fissure
    and forms lesions. things you should be upset some herbal therapeutic for skin problems, but check
    up on with your doc to see if it is seize for impetigo.

    My site :: strep a bacterial infection

    ReplyDelete
  6. Youг own post featurеs established useful tо uѕ.
    It’s гeallу usеful and you're simply obviously really experienced in this field. You have got opened my eye in order to different opinion of this particular subject matter along with intriguing and strong content.

    my web-site: viagra

    ReplyDelete
  7. saya mau tanya. misalkan dari 540 lembar saham dapat bonus 260 lembar. kalau hanya punya 100 lembar kalau dihitung jadi 48,148. realisasinya bagaimana? karena satuan saham kan 1 lot atau seratus lembar. apakah nanti bonus saham yang ditambahkan benar-benar 48 lembar? terima kasih

    ReplyDelete