Thursday, April 4, 2013

EXCL


Saham EXCL merupakan salah satu saham yang mampu bertahan di zona hijau pada sesi perdagangan pertama siang ini, meskipun dari pergerakan intraday terlihat dengan jelas ada beberapa pihak yang berusaha keluar barang dengan cukup agressif. So far, demand dari buyer masih mampu menyerap besarnya size yang mau dibuang oleh seller hari ini.. Dan saya termasuk salah satu buyer yang menampung jualan seller tersebut meski tentu saja dengan besaran lot yang lebih kecil dibanding buyer yang lain..hehehe..

Kenapa saya memutuskan masuk EXCL hari ini? Jika kita perhatikan, short term trend EXCL sebelumnya adalah dalam fase sideways mulai dari akhir februari hingga awal april dengan range sideways di 5400 - 5200. Dan pada perdagangan kemaren EXCL berhasil keluar dari kurungan sideways nya dengan cukup meyakinkan, breakout resistance 5400 dengan volume yang cukup besar, meski pada akhir perdagangan harga tidak bisa tutup pada harga tertingginya. Wajar aja sih, setelah breakout 5400 saham EXCL menemui resistance EMA 200 di angka 5750 yang bikin beberapa orang yang hold EXCL maupun yang baru trading pada hari kemaren cenderung untuk take profit atau mengurangi loss. Resistance EMA 200 memang secara konsensus menjadi resistance yang cukup krusial karena resistance ini oleh banyak pihak dianggap sebagai titik yang memisahkan antara trend bullish dan bearish..Kejadian yang sama terulang hari ini, dimana pada harga 5750 terlihat banyak seller yang keluar barang, tetapi di sisi lain banyak juga pembeli yang memberanikan diri beli di harga 5750 ini.


Kenapa kemaren EXCL naik cukup tinggi ? Beberapa rumor menyebutkan bahwa kenaikan tersebut terkait dengan rencana EXCL untuk mengakuisisi salah satu operator telekomunikasi lainnya terkait dengan frekuensi 3G, tetapi hal ini tentu saja tidak bisa kita telan bulat bulat dan masih perlu kita klarifikasi validitas dari rumor tersebut. Yang jelas, memang dari sisi teknikal, memang cukup menarik karena berhasil breakout trend sideways nya.
Apa yang harus dilakukan bagi yang belum punya saham EXCL ?? ya gak harus ngapa-ngapain juga..kalo gak minat sama saham EXCL yang gak usah beli..toh gak ada yang maksa..tapi kalau tertarik seperti saya, ya bisa mempertimbangkan masuk saham EXCL dengan entry range di 5400 - 5600, mau spekulasi hajar kanan di 5750 juga boleh yang penting strategy entry nya harus dengan masuk bertahap, jangan sekali masuk hajar kanan. Sampai penutupan perdagangan sesi satu, EXCL memang masih belum bisa move on dari angka 5750...pertempuran antara seller dan buyer belum selesai di medan ini...pergerakan selanjutnya akan ditentukan apakah buyer EXCL mampu mengatasi perjuangan seller di titik 5750 ini. Jika buyer berhasil menang di angka 5750 dan EXCL bisa move on..maka target kenaikan saham EXCL adalah range 6000 - 6350, jika tidak berhasil mengatasi seller, maka target pullback adalah range 5400 - 5600..

Disclaimer ON..
note : penulis baru masuk EXCL hari ini :-), ini bukan ngomporin, bukan ajakan untuk membeli, sekedar berbagi pandangan sajah 

No comments:

Post a Comment