Tuesday, May 8, 2012

It Was Fun!!

Sumber: Dokumentasi @AliaIndardi


Sabtu kemarin, 5 Mei 2012 bertempat di restoran Sari Kuring La Piazza Kelapa Gading, saya, dan dua orang teman saya yakni Aria Santoso (@AriaSantoso) dan Kang Ocoy a.k.a Kang Bagus (@BagusPerdana_) diundang untuk sharing mengenai apa yang kami ketahui tentang pasar modal dan apa yang kami praktekkan sehari-hari dalam trading. 
Dari trader, oleh trader dan untuk trader, begitulah kira-kira inti dari kegiatan sabtu kemaren. Yang jelas, kegiatan tersebut merupakan sebuah gathering dan bukan sebuah training. Kami semua trader, bukan trainer, jadi harap maklum jika dalam pertemuan tersebut apa yang kami sampaikan mungkin berbeda dengan teori yang selama ini dipelajari, karena apa yang kami sampaikan adalah hasil dari pengalaman dan apa yang kami praktekkan sehari-hari. Harap maklum jika cara penyampaiannya masih banyak belepotan disana sini, banyak bahasa yang tidak baku yang mungkin belum dikenal, istilah-istilah yang masih asing di telinga, tapi ya begitulah kami sehari-hari berkomunikasi sesama trader :-). Harap maklum, jika kang bagus ngomongnya banyak pake bahasa Inggris, ya karena begitulah dia sehari-hari bikin analisa fundamental, ngitung valuasi dan presentasi hasil kerjaan dia. Gue aja gak ngerti apa yang diomongin kang bagus kemaren, tapi biarlah gak ngerti apa yang diomongin, yang lebih penting adalah ngerti empat huruf kode saham yang sedang dibahas..haha.
Kegiatan itu sendiri terwujud bermula dari sebuah email yang dikirimkan oleh @AliaIndardi kepada saya, yang intinya mengundang saya untuk sharing ilmu soal trading. Saya dan @AliaIndardi belum pernah kenal sebelumnya, belum pernah ketemu dan selama ini cuma berinteraksi melalui twitter. Heran juga kok berani mengundang untuk sharing, emang gak takut buang-buang waktu dengerin kami-kami bicara seharian, malah bisa dibilang cukup gila untuk mengundang orang yang selama ini belum dikenal dan belum punya reputasi layaknya seorang trainer..hehe. Anyway, dia mengumpulkan teman-temannya untuk hadir dalam acara sharing tersebut, menyiapkan tempat dan semua akomodasi yang diperlukan untuk sebuah sharing, infocus, cemilan dan makanan, yang perlu saya lakukan hanyalah datang, sharing, makan, lalu pulang, why not??..So, challenge accepted :-)..Seperti kata sebuah iklan..asyiknya Rame-rame!! maka saya mengundang temen saya, Aria dan Kang Bagus untuk turut serta mengisi sesi sharing agar memperkaya materi sharing serta bahasan diskusi gathering tersebut. And we definitely have fun there!! Malah dikasih bonus kue rasa kopi bikinan @AliaIndardi ama pempek palembang yang sengaja dibawa oleh @sweety_0806 salah satu peserta yang sengaja datang dari palembang..ckckck.

Dalam traders gathering tersebut, kita sharing mengenai sudut pandang yang berbeda mengenai trading, bagaimana melihat sebuah aktifitas trading, memperlakukan trading sebagai bisnis dan merubah mindset kita terhadap trading. Selanjutnya kita juga berdiskusi mengenai tape reading, bagaimana memaksimalkan Online Trading kita sebagai salah satu alat analisis di luar analisis teknikal dan fundamental yang selama ini kita pelajari. Bagaimana menghadapi gap down, memanfaatkan gap down untuk memperoleh keuntungan, memaksimalkan fungsi VWAP, hingga memperlihatkan proses memilih saham, dari stock screening hingga menjadi stockpick. Serta bahasan-bahasan lain yang muncul dari diskusi bebas yang kami lakukan. It was fun!!.

Apa yang kami lakukan, bukanlah untuk menyaingi training-training saham yang selama ini ada. Apa yang kami lakukan hanyalah sharing dari seorang trader untuk trader yang lain, berbagi pengalaman, berbagi ilmu, dan bukan untuk menggurui atau merasa paling benar. Kami juga masih banyak salah, trading kami masih suka cut loss, stock pick kami juga tidak semuanya benar, dan itu juga yang kami sampaikan, seperti layaknya seorang teman bercerita ke teman yang lain, menceritakan apa yang sesungguhnya dan bukan memberi harapan palsu :-).

Jadi, mohon maaf rekan-rekan yang selama ini mengadakan training mengenai saham dan pasar modal, percaya lah, kami bukan saingan kalian dan tidak bermaksud untuk menyaingi kalian. We do it for fun only guys :-), jadi sante aja ya..
Ya mungkin apa yang kami lakukan bisa menjadi alternatif media belajar buat rekan-rekan trader maupun calon trader yang mau lebih mengenal mengenai saham dan apa saja yang terkait dengan aktifitas di pasar modal. Jadi mereka punya media untuk berdiskusi secara langsung, sharing ilmu, atau sekedar ngobrol bebas mengenai saham dan pasar modal yang mungkin selama ini tidak mereka dapatkan dalam sebuah training saham.

Kapan gathering selanjutnya dilaksanakan?? Terus terang saya gak tahu.
Seperti gathering kemaren yang terwujud karena adanya undangan dari sebuah komunitas, maka gathering selanjutnya akan tergantung dari adanya undangan atau tidak.
Yang jadi pertanyaan adalah : Apakah ada orang yang cukup gila untuk mengundang saya dan temen-temen saya untuk sharing lagi?? hahaha.



8 comments:

  1. mbok ya saya sekali kali diajak gitu :)

    ReplyDelete
  2. wah koh min dateng tambah seru ...
    tp ngomong2 klo komunitas investor ngundang mesti kasi amplop brapa nih ? heheh ( bcanda bos )

    ReplyDelete
  3. Hayuukkk min...suk minggu kan kowe sing sharing..hahaha

    ReplyDelete
  4. Lah saya memang sudah telanjur cukup "gila" kok, mengundang Kokolato hahahaha. Tapi dijamin gak rugi, sebenernya siy kemarin masih mau nambah lagi sharingnya Sari Kuring selesai pindah "Starbuck" wkwkwkwk

    ReplyDelete
  5. hahaha..next time deh..
    btw bu, waktu kemaren saya bilang soal mentor, itu yg komentar di atas @hmin918 adalah salah satu guru dan mentor trading saya selama ini, i learn from the best i know :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Koko, bersyukur masih ada next time. Sippp, tinggal nagihnya :). Buat @hmin918, memang diatas langit masih ada langit. Semoga saya diberi kesempatan belajar dan dimentori oleh mentornya mentor saya. Tabikkk....

      Delete
  6. Wah perlu ditagih nih sharingnya.. siap siap yo

    ReplyDelete
  7. i am glad to be a part of this event.....

    ReplyDelete