Friday, August 10, 2012

Belajar dari MPPA

Barusan cek-cek OLT dan menemukan contoh menarik di MPPA mengenai trading VWAP.
Bagi yang belum tahu apa itu VWAP bisa baca artikel tentang VWAP di sini --> Sekilas Tentang VWAP

Menariknya di mana?
Kita lihat chart MPPA berikut


Dari chart MPPA di atas terlihat bahwa resistance MPPA di 1180 dan ada support MPPA di 1130 dan 1060/1050. Pada perdagangan sesi satu MPPA dibuka di harga 1140 sempat akan menguji resistance 1180 namun hanya mampu sampai level 1170 dan kemudian turun ke support 1050 lalu berhasil tutup di harga 1110.
Pertama yang menarik adalah bahwa MPPA bisa dibilang nurut dengan support dan resistance, dengan begitu kita bisa memanfaatkan level support dan resistance sebagai level beli dan jual saham MPPA.
Kedua, scalper akan melihat pergerakan MPPA hari ini sebagai peluang mendapatkan keuntungan instan dari tektok dengan memanfaatkan VWAP MPPA. Kita lihat order book MPPA berikut.


Dapat kita lihat bahwa posisi VWAP ada di 1111 dan MPPA close di harga 1110, kebetulankah? Bisa iya, bisa juga tidak. Bagi yang mengikuti pergerakan MPPA sesi 1 tadi mungkin sudah meraup keuntungan dari MPPA hanya dengan memanfaatkan nilai VWAP dan chart MPPA sebagai alasan beli MPPA. Kebetulan saya sudah off monitor tadi, tapi dari gambaran order book tersebut saya berani mengasumsikan bahwa saat MPPA turun dari 1170 ke 1050, nilai VWAP MPPA masih ada di harga atas di kisaran 11xx.
Salah satu rule buy trading vwap adalah beli ketika harga sudah turun jauh dari nilai VWAP nya, kasus MPPA rule ini sudah terpenuhi ketika harga berada di 10xx dan VWAP masih di atas 11xx, ditambah dari chart kita bisa lihat bahwa support MPPA adalah 1060/1050. It's a buy..dan scalper yang beli di 1050/1060 kemungkinan sudah jual di 1100 atau bahkan 1110 atau bisa jadi masih offer di 1130. It's an easy 3% profit.

Well, talk is cheap, ngomong setelah kejadian itu emang gampang. Tapi setidaknya kita bisa belajar dari kejadian MPPA hari ini untuk digunakan di lain waktu. Ingat, harga turun jauh dibawah VWAP, deket support, BUY, lalu jual di harga VWAP nya or 2 - 3 point dari entry point. Cut loss jika harga masih turun sekian persen dari entry.

Just my 2 cent..semoga bermanfaat..
Salto is fun..so come and salto with me..hehe

3 comments:

  1. cara mencari titik support gimana?? :)

    ReplyDelete
  2. 𝗩𝗣𝗦

    Perusahaan Fort Financial Services menyediakan penggunaan virtual private server (VPS, Virtual Private Server) pada pelanggannya yang menggunakan sistem perdagangan mekanis (Advisors) untuk berdagang.

    Layanan ini memungkinkan robot perdagangan bekerja lebih efisien karena koneksi internet broadband berkualitas tinggi, dan memungkinkan pedagang membuat penyesuaian tepat waktu pada kerja advisornya sesuai dengan kondisi pasar yang volatil.

    Layanan ini memberi pelanggan kami sejumlah keuntungan:

    Pengoperasian advisor yang tidak terganggu
    Pengoperasian advisor yang stabil
    Perdagangan 24 Jam dengan advisor
    Akses cepat ke akun perdagangan
    Kesempatan berdagang simultan dengan dua terminal
    Aktifkan VPS Anda sekarang dengan memilih tab Personal Account di server khusus virtual. Harap diperhatikan bahwa kami menyediakan VPS gratis

    ReplyDelete