Monday, August 13, 2012

Teruuuusssss, gw harus bilang WOW getoh?

Pengen ketawa sendiri ketika terpikir judul di atas..Tapi gak papa lah sepertinya masih sesuai dengan konteks apa dari tulisan ini, It's about news and how to deal with it.

Seringkali kita mendengar berita saham A diminati asing dan akan ditarik level tertentu, saham B blablabla..intinya adalah berita yang sebenarnya sangat positif tentang suatu saham. Dalam benak investor, sebuah berita positif seharusnya memang berdampak positif pula terhadap pergerakan sebuah saham, dalam hal ini sebuah berita positif harusnya membuat harga saham naik, membumbung tinggi ke angkasa. Memang betul, seringkali sebuah berita positif yang berdampak terhadap fundamental perusahaan akan mampu mengerek pergerakan harga saham secara instant, tapi kuncinya adalah bahwa berita tersebut bener-bener valid, benar adanya, tanpa rekayasa dan benar-benar berdampak positif terhadap fundamental perusahaan, nambah revenue, nambah laba bersih dan lain-lain. Secara psikologis investor juga akan langsung ikut memburu saham tersebut yang secara tidak langsung juga turut berperan dalam menaikkan harga saham tersebut. Dan (sayangnya) inilah yang seringkali dimanfaatkan oleh pihak-pihak tertentu untuk berlaku sebaliknya, memanfaatkan psikologis investor untuk kepentingan keluar barang, untuk jualan. Sering kan kita membaca saham A dapat proyek, saham B diincar investor asing, saham C akan dikerek ke level tertentu, namun kenyataan yang terjadi justru saham A, B dan C tersebut justru ditutup turun jauh, merah dalam. Untuk memancing trader/investor, saham tersebut awalnya dinaikkan dulu, biar secara psikologis muncul pembenaran dalam diri trader/investor bahwa berita positif yang mereka baca justified, bahwa berita positif itu benar adanya, lalu mereka pun ikut membeli saham tersebut dan tanpa sadar sudah masuk dalam jebakan, ketika publik participant dirasa sudah cukup banyak, maka si empunya kepentingan, pihak yang sengaja menghembuskan berita positif tersebut untuk keluar barang, perlahan-lahan mulai jualan, jika publik participant besar mungkin akan selesai dalam satu hari, jika tidak mungkin proses distribusi ini akan berlaku selama beberapa hari. Tergantung dari banyaknya barang yang akan keluar dan banyaknya publik participant. Bagi trader yang ikut beli, bisa jadi, bukan keuntungan yang didapat, tapi kerugian yang dalam yang diderita. 
Umumnya, berita-berita positif ini sengaja dimunculkan untuk saham-saham kapitalisasi kecil, saham-saham gorengan. Jangan mudah percaya dengan berita positif, please cek dan ricek, bijaksanalah dalam memilih dan memilah berita. Jangan beli saham berdasarkan rumor atau berita semata.
For some people, Good news is a bad news, good news means they have to sell their stock. Ketika muncul berita bagus justru itu saatnya jualan.

Pagi ini, ada kasus menarik, ada berita bagus mengenai saham JPRS


Umumnya, ini adalah reverse indicator, artinya ketika berita ini sudah muncul di milis maka saham tersebut akan naik dulu kemudian ditutup turun tapi balik lagi tergantung dari banyaknya barang yang akan keluar dan banyaknya publik participant, bisa sehari selesai bisa berhari-hari.
Yang menarik adalah, chart JPRS sebenarnya cukup bagus. harga sideways dan sedang mencoba breakout resistance EMA 60 dengan target terdekat adalah 405. Tapi balik lagi, newsnya dah keluar, akankah JPRS naik dulu lalu kemudian tutup merah ataukan akan naik beberapa hari dulu untuk distribusi sebelum akhirnya merah. Well, mari kita jadikan studi kasus bersama.


Yang terpenting, lain kali ketika kita baca sebuah berita bagus di sebuah milis untuk saham gorengan atau saham yang tidak jelas fundamentalnya, kita sama-sama bisa jawab..Teruuuusssss, gw harus bilang WOW getoh?...hehehehe

Disclaimer ON ah

1 comment:

  1. Haha, pas tadi 380 itu jelas banget mereka lagi cuci2 barang yah, jadi langsung keluar dulu... ngeri.. siapa tau balik ke 360 an lagi :)

    ReplyDelete