Tuesday, August 7, 2012

Bakrie Telecom

Hari ini beberapa saham grup bakrie mendapat angin segar. Beberapa mampu ditutup di zona hijau beberapa lainnya harus balik lagi ke habitat asalnya. Salah satu saham grup bakrie yang pergerakannya paling menarik hari ini adalah Bakrie Telecom a.k.a BTEL. Kenapa menarik? Mari kita pelajari bersama-sama :-)

Pertama, saham BTEL ditarik pada menit terakhir perdagangan dari harga 164 menjadi 176 hanya dalam satu menit terakhir. itu pula yang menyebabkan VWAP BTEL sangat jauh tertinggal, tercatat VWAP BTEL masih berada di angka 161, sangat jauh dari harga closing BTEL di 176. Dari Done Summary jelas terlihat bahwa tidak sempat muncul perlawanan dari seller karena harga ditarik pada menit terakhir, yang ada mereka pada bengong karena ilang barang. Dari done summary terlihat tidak ada satu lot pun kejadian di sisi BID, di sini terlihat buyer sangat agresif, lihat juga frekuensi kejadian di SLOT yang sangat sedikit. Yang menarik adalah jumlah lot buyer dalam satu menit terakhir tersebut adalah 8088 lot..Angka hokie bagi sebagian orang, (yang mau coba hitung, jumlahkan lot kejadian dari 165 hingga 176). Kenapa saya tertarik menghitung jumlah lot, disamping iseng, tetapi juga karena terkait dengan broker yang melakukan transaksi pembelian tersebut yakni FZ a.k.a Waterfront Securities. Emang kenapa dengan FZ? Rahasia...hehe.


 

Dari broker Summary di atas terlihat broker FZ sangat dominan dalam melakukan pembelian dan menjadi top Buyer BTEL hari ini. Tetapi, sebagai catatan, jangan pernah terpaku pada kode broker tersebut, dalam artian jika kita melihat hari ini misalnya FZ melakukan pembelian sebanyak 15181 lot nett buy, maka jangan menunggu broker FZ melakukan penjualan sebanyak lot yang sama atau nett sell dengan 15181 lot, atau sekitaran itu, karena perpindahan broker sangat mudah dilakukan, beli pake broker A jual pake broker B merupakan hal yang sangat umum dilakukan.

Bagaimana dengan chart BTEL. Let's take a look.
Hari ini sebenarnya BTEL membuat new low setelah menjebol support sebelumnya di angka 155. Dalam kondisi normal, biasanya jebol support, apalagi di downtrend seperti BTEL ini akan diikuti dengan penurunan yang lebih dalem tapi entah dapat bisikan darimana, si empunya BTEL gak rela kali sahamnya terus turun makanya ditarik sampe 176. Volume perdagangan hari ini juga sangat bagus, lebih dari dua kali  rata-rata volume perdagangan sebulan terakhir. Target kenaikan selanjutnya adalah 180 - 190 - 200 - 215. Dengan support terdekat adalah 171 dan 163.


Untuk saham normal, umumnya pergerakan saham seperti yang terjadi pada saham BTEL hari ini akan diikuti kenaikan pada hari berikutnya, hanya saja ini bukan saham normal, ini saham bakrie :-). Tukang bajaj aja bisa minder kalo melihat pergerakan saham bakrie, kalah akrobatik, kalah sangar :-).
Dalam kasus BTEL, peluang naiknya lebih besar daripada turunnya jika melihat pergerakan satu menit terakhir tersebut, mungkin besok akan menyentuh area 180 - 190. Tetapi tetap hati-hati terhadap guyuran, karena tipikal pergerakan saham bakrie seperti itu.

Disclaimer ON..
Saya gak trading bakrie.



No comments:

Post a Comment